Headlines News :
Home » » IRM dan Perannya bagi Remaja (Anton Wahyudin Plososetro)

IRM dan Perannya bagi Remaja (Anton Wahyudin Plososetro)

Written By PD IPM LAMONGAN on Rabu, 04 Februari 2009 | 21.46


Kawan seperjuangan yang dirahmati Alloh…………
Dunia remaja adalah tempat mekarnya bunga-bunga masa depan yakni bunga-bunga kehidupan yang tumbuh dengan warna-warni karakter, tabiat, sifat, kebiasaan, keinginan dan cita-cita hingga kesenangan-kesenangan yang indah dan membuai pikiran, keindahan warnanya membuat orang-orang yang lanjut usia berkhayal kembali kepada masa remajanya. Mungkin sulit mencari kata yang bisa melukiskan luasnya samudra di Era remaja. Hanya mereka yang ada di usia remajalah yang dapat merasakan dan melukiskan keremajaan mereka.
Allah Swt menciptakan segala sesuatu didunia ini dengan berlawanan seperti susah dan senang, panjang-pendek maupun kaya dan miskin. Begitu pula dengan dunia remaja keindahan romantisme hidupnya tidak berarti akan kekal selamanya. Suatu saat remaja akan menemui nestapa yang sumbernya bisa berasal dari dirinya sendiri atau dan apa yang ada dosekitarnya. Kini, ketika modernitas menjadi kebangaan manusia, nestapa remaja semakin hari semakin kelihatan. Remaja kembali mendapat tantangan, kecanggihan teknologi, keajuan ilmu pengetahuan dan sederet keunggulan produk-produk modern ternyata tidak seratus persen berdampak positif bagi remaja. Disana sini, nan jauh siap-siap menghancurkan siapa saja remaja yang menginjaknya. Ironisnya, banyak remaja yang tidak merasa berada diera yang mencelakakan mereka, berbagai kesenangan dan kemudahan era modern yang ditawarkan mereka, disikapi dan diterima tanpa pertimbangan yang mana hal tersebut dianggap sebagai sarana untuk melahirkan generasi unggul.
Nampaknya, tidak ada sisi kehidupan remaja manapun yang tidak tersentuh modenisasi, termasuk remaja-remaja muslim. Dan ketika remaja Muslim terkontaminasi warna imitasi era modern, maka ruh jihad dan semangat beribadah mereka akan hilang secara perlahan. Mereka tidak lagi tersentuh untuk membantu kaum dhuafa, mereka terkukum oleh rasa takut dan individualisme. Mereka terpenjara oleh pergaulan bebas dan materialisme, tangan mereka diborgol oleh remot control, hati mereka dipenuhi kabut hasut, takabur, dan pesta pora.
Kawan seperjuangan yang dirahmati Alloh…………
Melihat posisi IRM yang mempunyai lahan garap remaja/pelajar merupakan posisi yang sangat strategis sekaligus rawan. Strategis lantaran karena mempunyai lahan garap remaja dan pelajar. Generasi muda adalah investasi masa depan, yang akan meneruskan perjuangan dan yang akan membawa maju mundurnya kehidupan. Rawan karena kondisi pelajar, remaja ataupun generasi muda adalah kondisi labil yang yang mudah terombang-ambing dan terbawa oleh arus. Kalau kita salah mengarahkan atau mungkin dengan kata lain terlambat sedikit saja untuk memberi sebuah pengarahan, bimbingan, pemberdayaan dan advokasi maka akan bisa berakibat fatal. Dengan melihat peran dan fungsi IRM yang sedemikian berat dan vital dalam menyiapkan generasi penerus yang tangguh, maka mau tidak mau memaksa IRM untuk menyiapkan mekanisme proses perkaderan yang jelas, terencana dan sistematis. Kejelasan proses perkaderan seharusnya dilandasi dengan semangat yang professional yang disesuaikan dengan potensi serta kompetensi kader yang ada. Sebab tuntutan zaman menginginkan hal yang demikian. Yang perrlu kita ingat, Proses pengkaderan yang amburadul sama saja dengan menyiapkan generasi yang amburadul dan tidak jelas arahnya.
Kawan seperjuangan yang dirahmati Alloh…………
Share this article :

1 komentar:

are.com... arek komunikasi mengatakan...

MAJU TERUS....


IRM BERJAYA....

LAGU - LAGU

  • AKU CINTA IPM
  • IPM BERJAYA
  • JANJI KADER
  • MARI MENGAJI
  • PELAJAR MUHAMMADIYAH
  • RENUNGAN KADER
  • SANG SURYA
  • SENANDUNG PERJUANGAN
  • SUJUD

Blog Archive

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template