Headlines News :
Home » » Hukum Menghormat pada Bendera

Hukum Menghormat pada Bendera

Written By PD IPM LAMONGAN on Minggu, 23 Agustus 2009 | 22.02


Di kutip dari http://www.geocities.com/tarjikh/
Oleh : Afif Amrullah Poenya

sumber : www.suaramuhammadiyah.or.id
Masalah hukum menghormat ini ditanyakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jember.

Menanggapi persoalan tersebut Bagian Fatwa dan Pengembangan Keputusan Tarjih, Majelis Tarjih dan Pengembangan Pemikiran Islam, PP Muhammadiyah, memberikan jawaban :

Di dalam agama ada aspek-aspek yang berkaitan dengan aqidah, ibadah, mu'amalah dan akhlaq. Masing-masing mempunyai dimensi peran, meskipun secara substansial merupakan satu kesatuan yang tidak terpisah.

Menjadi warga negara yang baik adalah termasuk dalam bidang mu'amalah. Dan jika mempunyai misi untuk memperkokoh perstuan dan menghindari perpecahan, perilaku ini bisa bernilai ibadah yang dimotivasi oleh akhlaq yang mendorong kepada perbuatan

baik dan terpuji. Sementara aqidah mempengarui manusia untuk berpandangan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah nisbi karena hanya Allah-lah yang Maha Mutlak.

Bendera merah putih adalah bendera Indonesia (diatur dalam UUD 1945 pasal 35) yang artinya bahwa bendera Merah Putih itu merupakan salah satu piranti persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

Perbuatan "menghormati" sesuatu, bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya, mengangkat tangan, melambaikan tangan, berdiri, menundukkan badan atau kepala, mencium (seperti mencium Hajar Aswad di dalam thawaf), dan lain-lain. Di dalam peristiwa mencium Hajar Aswad, atau cukup dengan melambaikan tangan, merupakan perbuatan yang dicintohkan oleh Nabi dalam rangkaian ibdah thawaf. Sedangkan menghormat bendera, merupakan perbuatan mu'amalah yang diatur oleh ulul amri (penguasa) dalam peristiwa-peristiwa tertentu.

Perbuatan mencium Hajar Aswad dan menghormat bendera/menciumnya, meskipun terjadi dalam peristiwa yang berbeda, namun memiliki "illah" yaitu "menghormati", oleh karena itu bisa berdampak hukum yang sama jika dilakukan dalam konteks menyimpang aqidah sehingga bisa jatuh dalam kemusyrikan. Di sinilah pentingnya meluruskan niat dalam setiap perbuatan sesuai dengan karakteristiknya masing-masing, mana yang aqidah, ibadah dan mu'amalah, sesuai dengan kaidah fiqhiyah : al-umuuru bi maqaasidihaa (setiap perkara tergantung kepada maksud mengerjakannya)

Sehingga tidak harus mencampurkan antara bidang mu'amalah dengan aqidah, sepanjang niatnya semata-mata menghormat bendera sebagai satu piranti persatuan dan kesatuan bangsa paralel dengan firman Allah kepada Malaikat untuk bersujud kepada Adam.

"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat :"sujudlah kamu kepada Adam", maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabur..." (Al-Baqarah 34).

Sujud dalam ayat di atas adalah menghormati Adam, bukanlah berarti sujud memperhambakan diri, karena sujud memperhambakan itu hanyalah semata-mata kepada Allah.

Share this article :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

1. boleh tidak gambar garuda di letakkan di depan peserta upacara, kemudian komandan upacara mengucapkan : Kepada Garuda Pancasila ...Hormaaaat Grak !!
2. boleh tidak untuk menghormat ka'bah ketika masuk di masjidil haram kita mengucapkan :
Kepada Ka'bah, Hormaaaaat... Grakkk!!
3. boleh tidak dengan alasan untuk lebih menghayati kandungan Al Qur'an maka Al Qur'an diletakkan di depan siswa kemudian komandan upacara atau ketua kelas mengucapkan : Kepada Al Qur'an.. Hormaaaat Grraakk !!.

( itu adalah kebiasaan nenek moyang, Apakah engkau akan melakukan juga sedang nenek moyang tidak memiliki pengetahuan ??? yang itu tidak ada perintah dari Allah dan Rasuln-Nya)

Attahiyatulillah , penghormatan hanya kepadamu ya Allah. saya mencium hajar aswad, berisyarat kepada hajar aswad, mengangkat tangan sebagai isyarat penghormatan kepada orang lain karena itu perbuatan Rasulmu ya Allah yang saya ikuti.

LAGU - LAGU

  • AKU CINTA IPM
  • IPM BERJAYA
  • JANJI KADER
  • MARI MENGAJI
  • PELAJAR MUHAMMADIYAH
  • RENUNGAN KADER
  • SANG SURYA
  • SENANDUNG PERJUANGAN
  • SUJUD

Blog Archive

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template