Headlines News :
Home » » Marhaban yaa Ramadhan...

Marhaban yaa Ramadhan...

Written By PD IPM LAMONGAN on Minggu, 23 Agustus 2009 | 22.12




AFIFAMROLLAH POENYA

arti kata Ramadhan? Apa saja yang istimewa pada bulan Ramadhan? Bagaimana sikap mukmin ketika bertemu dengan bulan Ramadhan?

Ramadhan berasal dari kata ar ramdhu yang berarti sangat panas. Maksudnya, Ramadhan merupakan bulan yang membakar dosa-dosa. Ramadhan merupakan salah satu nama dari bulan dalam kalender Hijriyah yang menggunakan sistem Qamariyah (bulan) dan merupakan satu-satunya nama bulan yang disebut secara eksplisit dalam Al-Qur’an.

Kata Ramadhan disebut satu kali dalam Al-Qur’an: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). [Al-Baqarah/2:185]



Dalam beberapa hadits diperoleh keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan:
Pintu surga terbuka dan pintu neraka tertutup
Jika Ramadhan telah datang, pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, dan syaithan-syaithan dibelenggu (HR. Bukhari – Muslim)

Bulan penghapus dosa
Shalat yang lima, dari Jumat ke Jumat, dan dari Ramadhan ke Ramadhan merupakan penghapus dosa (kaffarah) antara hal-hal tersebut, selama dosa-dosa besar tidak dilakukan (HR. Muslim)

Barangsiapa yang bangun pada malam hari untuk beribadah pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan penuh keikhlasan, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni (HR.Bukhari)

Bulan rahmat, ampunan, dan pembebas
Ramadhan adalah bulan yang pada awalnya merupakan rahmat, pertengahannya merupakan ampunan, dan akhirnya merupakan pembebas dari api neraka (HR. Turmudzi)

Bulan penuh pahala
Wahai manusia, kalian telah dinaungi bulan agung yang diberkati, bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang kualitasnya lebih baik dari seribu bulan, bulan yang di dalamnya berpuasa telah ditetapkan sebagai kewajiban dan bangun pada malamnya sebagai amalan sunnah. Barang siapa mendekatkan diri di dalamnya dengan suatu prilaku kebaikan, maka dia seperti orang yang menunaikan kewajiban pada selainnya. Dan barang siapa menunaikan kewajiban di dalamnya, dia seperti orang yang menunaikan tujuh puluh kewajiban pada selainnya (Wahbah Al Zuhayly, Puasa dan I’tikaf)

Bayangkan kita adalah orang yang setiap bulan Agustus akan mendapatkan sesuatu yang sangat menenangkan, maka pasti kedatangan bulan Agustus merupakan sesuatu yang ditunggu. Masa penungguan akan terasa lama, dan kita menginginkan jika selama setahun semuanya merupakan bulan Agustus.

Demikian pulalah harapan orang yang mengerti keutamaan bulan Ramadhan. Rasulullah saw bersabda, “Seandainya para hamba mengetahui apa yang terdapat dalam bulan Ramadhan, niscaya mereka mengharapkan agar bulan Ramadhan itu terjadi sepanjang tahun” (R. Tabrani). Walaupun secara sanad hadits ini dinilai memiliki cacad, namun secara isi wajar terjadi.

Bersinarnya matahari dengan terang benderang, bukan merupakan jaminan bahwa setiap manusia akan merasakan kehangatan sinarnya, sebab ada di antara manusia yang sengaja menutup dirinya agar tidak terkena hangatnya sinar matahari. Walaupun Ramadhan datang setiap tahun menebarkan panasnya, membuka pintu surga, menutup pintu neraka, mengikat syaithan, membawa rahmat dan ampunan Allah, dan melipatgandakan pahala, namun tidak secara otomatis setiap manusia dapat memperolehnya. Tunggu Edisi Selanjutnya..............


Share this article :

0 komentar:

LAGU - LAGU

  • AKU CINTA IPM
  • IPM BERJAYA
  • JANJI KADER
  • MARI MENGAJI
  • PELAJAR MUHAMMADIYAH
  • RENUNGAN KADER
  • SANG SURYA
  • SENANDUNG PERJUANGAN
  • SUJUD

Blog Archive

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template